Minggu, 22 Februari 2009

AKU INGIN -SAPARDI JOKO DAMONO-


Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu
kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan
kepada hujan yang menjadikannya tiada


Puisi ini pertama kali aku baca waktu aku masih sekolah. SMP atau SMA gitu. Dalem banget ga si?? Puisi ini populer banget. Sampe di kalangan remaja juga pada tahu. Aku juga apal beberapa puisi SAPARDI JOKO DAMONO (SJD). Salah satunya ya puisi yang berjudul "Aku Ingin " ini. Puisi yang dibuat pada 1989 dan dimuat dalam buku kumpulan puisi SJD dengan judul “Hujan Bulan Juni”.... Guru besar dan mantan Dekan Fakultas Sastra UI yang satu ini emang jagonya bikin puisi. ada sisi romantis di tulisan-tulisan pria yang lahir di Solo, 20 Maret 1940 .. . Sampe-sampe ada pasangan yang mau menikah minta izin untuk mencantumkan puisi ini di undangannya. Wah, bener-bener deh.

kalo menurutku cinta di puisi ini ga sekedar cinta antara laki perempuan tapi juga cinta secara universal. Cinta itu bisa juga diinterpretasikan antara anak kepada orang tuanya, atau antarsahabat, atau lebih luas lagi cinta kepada Yang Maha Penggenggam hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar